Jumat, 21 Januari 2011

Meningkatkan Kinerja Windows Dengan Mengoptimalkan Virtual Memory

Pernahkah komputer anda mengalami hang secara tiba-tiba?
Maintenance your system

Apabila komputer anda sering mengalami hang, tentu saja hal ini sangat menyusahkan karena kejadian ini dapat merugikan anda. Ketika anda sedang asik mengerjakan pekerjaan dari kantor ataupun tugas dari sekolah anda, tiba-tiba komputer anda tidak dapat difungsikan secara normal (macet). Tentu anda akan merasa sangat jengkel dengan hal yang demikian.

Untuk mengatasi permasalahan ini sebenarnya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Salah satunya yang paling mudah adalah dengan jalan menambah kapasitas memory (RAM) pada komputer anda dalam hal ini adalah dengan menggunakan fungsi virtual memory yang terdapat pada system operasi Windows.

Cara pengaturan virtual memory pada system operasi Windows ini sangatlah mudah dan hanya memerlukan sedikit waktu anda. Berikut adalah cara setting virtual memory :

1. Windows XP



Klik kanan "My Computer" > pilih "Properties" > klik tab  "Advenced" kemudian pada bagian "Performance" klik tombol "Settings".
Setelah muncul jendela "Performance Options", pilihlah tab "Advanced".

Pada tab "Advanced" lihat bagian paling bawah pada "Virtual memory", kemudian klik "Change".


Anda akan dibawa sekali lagi ke jendela baru (pop-up) yang berisikan konfigurasi virtual memory. Pilihlah "Custom size", Kemudian pada kolom "Initial size (MB)" diisi dengan ukuran yang direkomendasikan (Recommended) yang dapat dilihat pada bagian bawah jendela pop-up.
Pada bagian "Maximum size (MB)", isilah dengan 2-3 kali kapasitas RAM komputer anda (Physical RAM). Kemudian klik "Set" dan klik "OK". Komputer anda secara otomatis akan meminta proses restart setelah langkah tersebut dan itu adalah hal yang normal. Setelah selesai, tutuplah semua jendela pop-up yang terbuka tadi. Kemudian restart komputer anda.


2. Windows 7 (Seven)


Klik kanan "My Computer" > pilih "Properties". Pada kolom sebelah kiri jendela baru klik "Advanced system settings". Kemudian pada bagian "Performance" klik tombol "Settings".

Langkah-langkah selanjutnya sama seperti cara settingan pada Windows XP diatas. Dan jangan lupa untuk me-restart komputer anda.



NB :
Apabila setelah restart komputer anda mengalami hang pada saat akan masuk ke Windows, lakukanlah settingan diatas melalui Safe Mode.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar